Follow instagram @januarprasetiya

Persiapan Instalasi CodeIgniter4

CodeIgniter4 januarprasetiya

CodeIgniter adalah sebuah Framework untuk mengembangkan aplikasi website. Tujuan munculnya Framework CodeIgniter ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan sebuah aplikasi daripada menggunakan code dari awal. CodeIgniter menggunakan sistem/kerangka kerja Model - View - Controller (MVC) pasti teman-teman sudah mengetahui ini.

1. Hal-hal yang Diperlukan

Ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan CodeIgniter4 di dalam perangkat komputermu. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus kamu perhatikan.

  1. Local Server
    Kamu harus sudah memiliki lokal server yang terinstal di perangkat kamu. Kamu bisa menggunakan XAMPP, MAMP, WAMP atau yang sejenisnya. Pilih salah satu, jika ingin sama dengan tutorial di wesbite ini, silahkan menggunakan MAMP.
  2. Hypertext Prepocessor (PHP)
    Pastikan di lokal server kamu running PHP 7.4+ ke atas.
  3. Code Editor
    Pilih code editor yang kamu kuasai. Kamu bisa menggunakan Atom, VSCode, Sublime Text atau Notepad++. Pilih salah satu, jika ingin sama dengan tutorial di wesbite ini, silahkan menggunakan VSCode.
  4. Composer & GitBash
    Pastikan teman-teman sudah menginstall Composer dan GitBash pada perangkat teman-teman semua.

2. Instalasi CodeIgniter

CodeIgniter pada website ini menggunakan CodeIgniter 4 (CI4). Panduan install CodeIgniter menggunakan Composer. Baca panduan install CI4 dengan composer.
Jika kesulitan install menggunakan Composer, Kamu bisa menggunakan cara manual. Baca panduan install CI4 dengan manual.