Follow instagram @januarprasetiya

Fundamental Design & Basic Canva

Fundamental Design & Basic Canva

Berkesempatan untuk berbagi pengalaman dalam dunia desain bersama teman-teman Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) JPMIPA. Kegiatan ini berlangsung pada Ahad, 18 Juni 2023 di Ruang Sidang Kampus II Universitas Ahmad Dahlan. Materi yang Aku bawakan yaitu Fundamental Desain Grafis dan Basic Penggunaan Canva. Kegiatan sangat seru sekali, karena di akhir kegiatan peserta praktik langsung bagaimana menerapkan fundamental desain pada canva.

Saat ini, desain grafis sangatlah penting terutama untuk digital marketing. Tanpa terkecuali, bagi Kamu yang ingin menggunakan desain grafis sebagai personal branding juga sangat membantu. Pada materi kali ini Aku membagi ke dalam beberapa bagian pembahasan.


Apa itu Canva?

Apa itu Canva?

Canva merupakan platform desain grafis berbasis webapps yang dioperasikan secara online berguna untuk membuat berbagai macam karya desain dengan cepat dan mudah.


Fitur-fitur Canva

Fitur-fitur Canva

Canva memiliki berbagai macam jenis fitur yang sangat beragam. Menurutku, fitur yang paling menonjol adalah fitur Templates dan Aset yang tinggal pakai. Dua fitur tersebut tergolong membantu para desainer pemula dalam mendesain dan membuat sebuah karya. Menurutmu gimana? Coba tulis di kolom komentar blog ini ya.


Inspirasi Desain

Inspirasi Desain

Dalam membuat desain, tidak bisa mengelak bahwasannya perlu mencari ide dan referensi. Kalau Aku pribadi mendapatkan inspirasi desain dari berbagai lini media sosial. Misalnya Pinterest, Behance, Dribbble, Instagram. Kalau Kamu paling sering dapat inspirasi dari mana? Tulis di kolom komentar yak.


Fundamental Desain

Fundamental Desain

Sebelum membuat desain perlu mengetahui dasar-dasar dalam membuat desain. Hal yang paling simple adalah tahu ukuran (size) format pada sebuah media sosial. Mengetahui posisi grid sebuah desain. Mampu memilih font/tulisan yang tepat, sehingga memudahkan pembaca saat menikmati desain yang Kita berikan.


Pembuatan Pamflet

Pembuatan Pamflet

Pada akhir materi, terdapat sembilan fundamental dalam membuat desain khususnya pamflet atau desain lainnya. Sehingga, sembilan elemen dasar ini semoga menjadi acuan dan membantu untuk Kamu membuat desain apapun.

Demikian, yang dapat Aku bagikan ke teman-teman semuanya dalam hal fundamental desain. Untuk postingan berikutnya, kiranya bahas apa lagi ya? Berikan pendapatmu di dalam kolom komentar. 👋🏻 see you.

Fundamental Desain & Basic Canva Online File